Bapak Eko Santoso sedang menyampaikan materi di depan bapak dan ibu guru SMK Manusawa. Foto: Sulaiman |
SMKMANUSAWA. Hari ini kamis, 12 September 2024 SMK Manusawa mengadakan In House Training (IHT) hari ke dua, kali ini materi yang dibahas terkait dengan Pengembangan Pembelajaran Diferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan narasumber Eko Santoso, S.Sn., M.Pd dari BBPPMPV (Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya) Yogyakarta.
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pembelajaran
berdiferensiasi diimplementasikan dengan memberikan pilihan kepada siswa dalam
memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
Tujuan dari pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka adalah untuk
memastikan bahwa setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan, minat, dan
kemampuannya sendiri.
Bapak Ibu guru SMK Manusawa mendengarkan materi dengan fokus dan serius. Foto: Sulaiman |
“Kata kunci pembelajaran ini adalah kebutuhan murid
(Learner’s Necessity). Seorang guru perlu menyesuaikan proses pembelajaran di
kelas sebagai usaha memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid, Kami
berharap dengan adanya workshop ini, para guru mampu memahami konsep Kurikulum
Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta mampu
mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Tandas Eko
Santoso.