Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

 

Kultum Ba'da Dzuhur: Macam-macam Sabar

Sulaiman
Senin, 26 Februari 2024
Last Updated 2024-03-17T07:45:07Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates



perwakilan siswi Farmasi sedang menyampaikan kultum (Foto: Sule)



MANUSAWASenin, 26 Februari 2024. Program Kultum Ba’da Dzuhur telah ada dan berjalan sejak lama di SMK Ma’arif NU 1 Wangon yang tujuannya adalah untuk memberikan ruang kepada siswanya agar berlatih berbicara di depan umum dan menyampaikan sedikit ilmu berkaitan dengan keagamaan.

Setiap kelas akan bergilir di jadwal setiap harinya, dan hari ini adalah jadwalnya kelas X Farmasi dalam kultumnya menyampaikan beberapa hal, berikut materi yang dia sampaikan Ketika kultum:

Kehidupan manusia di dunia ini tentu tidak terlepas dari berbagai hal yang terjadi, baik itu yang disenangi maupun tidak. Namun, sejatinya seorang muslim haruslah mengingat bahwa semua hal yang terjadi pada kehidupannya sudah ada dalam kehendak Allah, Sang Pengatur takdir manusia. Sehingga dengan menyadari bahwa semua hal yang terjadi pada hidup kita hakikatnya datang dari Allah SWT, bisa menanamkan sikap sabar dan syukur atas segala pemberian dari-Nya.

Pengertian Sabar

Sabar berasal dari kata “Shabara-Yashburu-Shabaran”: yaitu ketundukan penerimaan apa-apa yang telah Allah berikan baik kesenangan atau kesedihan. Sedangkan syukur berasal dari kata al-syukur (الشكور) atau al-syukru (الشكر). Kata al-syukur merupakan isim mashdar yang berasal dari kata “Syakaro-Yasykuru-Syukron-Wasyukuron” kata ini terambil dari madah (ش ك ر) artinya berterima kasih atau ucapan/pernyataan terima kasih.

Imam Ibnu Qoyyim Al-jauziyah mendefinisikan sabar dengan budi pekerti yang bisa dibentuk oleh seseorang. Ia menahan nafsu, menahan sedih, menahan jiwa dari kemarahan, menahan lidah dari merintih kesakitan, dan juga menahan anggota badan dari melakukan yang tidak pantas. Sabar merupakan ketegaran hati terhadap takdir dan hukum-hukum syari’at. Sementara itu beliau mendefinisikan syukur dengan menampakan nikmat Allah melalui lisan dengan cara memuji dan mengakui, melalui hati dengan cara meyakini dan mencintai, serta melalui anggota badan dengan ketaatan.

Macam-macam Sabar

  • Sabar ketika menghadapi musibah

Sabar menghadapi musibah yang dimaksud yaitu sabar atas segala cobaan yang Allah berikan, baik itu berupa bencana alam, ditinggalkan orang yang dikasihi, ataupun kesusahan-kesusahan lainnya. Seperti yang termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 155

  • Sabar ketika menjalankan taat

Sabar menjalankan taat artinya sabar ketika melaksanakan amal-amal sholeh, seperti membaca Al-Qur’an, dzikir, shalat, dan lain-lain. Hal tersebut membutuhkan kesabaran dalam menjalankannya agar tetap istiqamah. Bersabar karena memilih meninggalkan hal-hal yang sia-sia demi mengerjakaan ketaatan ataupun meninggalkankan sesuatu yang dilarang oleh Allah Swt seperti ghibah, sombong, dan lain-lain.

  • Sabar ketika mengekang diri dari maksiat

Tentunya perbuatan maksiat itu sangatlah banyak, maka hal tersebut bisa dihindari dengan bersabar menahan/mengekang diri agar tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan dan tidak mengikuti bujuk rayuan setan yang akan mengundang murkanya Allah Swt.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

RANDOM / BY LABEL (Style 1)