Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

 

Kultum Ba’da Dzuhur : Penyebab Kefakiran dan Kemiskinan, salah satunya adalah Meremehkan Sholat.

Sulaiman
Senin, 29 Januari 2024
Last Updated 2024-01-29T06:29:50Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Alif Al Muttaqin Sedang Menyampaikan Materi Kultum Ba'da Dzuhur


MANUSAWASenin, 29 Januari 2024. Program Kultum Ba’da Dzuhur telah ada dan berjalan sejak lama di SMK Ma’arif NU 1 Wangon yang tujuannya adalah untuk memberikan ruang dan waktu kepada siswa siswinya agar berlatih berbicara di depan umum dan menyampaikan sedikit ilmu berkaitan dengan ilmu keagamaan yang tentunya bermanfaat bagi jamaah sholat dzuhur semuanya.

 

Setiap kelas akan bergilir di jadwal setiap harinya, dan hari ini adalah jadwalnya kelas XI TKR 1 yang di wakili oleh Ananda Alif Al Muttaqin, dalam kultumnya dia menyampaikan beberapa hal, berikut materi yang dia sampaikan Ketika kultum:

 

Islam mengajarkan bagaimana agar terhindar dari kefakiran, salah satunya dengan mengetahui penyebab terjadinya kefakiran tersebut.

 

Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Abu Na'im: "Kemiskian itu dekat kepada kekufuran". Kita dapat menyaksikan banyak di antara orang fakir dan miskin karena keterbatasannya menyebabkan mereka tidak dapat mengenal Allah dan Rasulullah . Mereka tidak memakmurkan masjid dan enggan berpuasa. Sedihnya, ada yang akhirnya pindah agama karena lemahnya iman dan tergiur iming-iming harta dari pihak lain. ( Baca Juga Kisah Ibnu Hajar Al-Haitami dan Istri yang Memilih Hidup Miskin ) Sebagai agama yang sempurna, Islam mengajarkan bagaimana agar terhindar dari kemiskinan.

Para Siswa Sedang Mendengarkan Kultum 


Salah satunya dengan mengetahui penyebab terjadinya kefakiran tersebut. Dalam Kitab Ta'limul Muta'allim karya Imam Al-Zarnuji Halaman: 43-44 dijelaskan ada 34 penyebab kemiskinan, yaitu diantaranya :

1. Tidur dalam keadaan telajang.

2. Kencing dalam keadaan telanjang.

3. Makan dalam keadaan berjunub.

4. Makan sambil tiduran.

5. Membiarkan berserakannya sisa makanan.

6. Membakar kulit bawang merah dan bawang putih.

7. Menyapu lantai dengan sapu tangan.

8. Menyapu rumah di malam hari.

9. Membiarkan sampah mengotori rumah.

 

Ada banyak cara diajarkan syariat agar kita terhindar dari kefakiran . Selain berusaha (ikhtiyar), seorang muslim dianjurkan mengerjakan beberapa amalan di antaranya salat Dhuha, dzikir di waktu Shubuh dan membaca Surah Al-Waqi'ah secara istiqamah.

 

Sumber:
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 02 November 2020 - 14:10 WIB oleh Rusman H Siregar dengan judul "34 Penyebab Kefakiran dan Kemiskinan, Salah Satunya Meremehkan Salat". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://kalam.sindonews.com/read/216924/69/34-penyebab-kefakiran-dan-kemiskinan-salah-satunya-meremehkan-salat-1604301108

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: 
https://sin.do/u/android
- iOS: 
https://sin.do/u/ios

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

RANDOM / BY LABEL (Style 1)

close
close