Siswa SMK Ma'arif NU 1 Wangon saat Memainkan Alat Musik Hadrah. (Foto: Agus Triono) |
1. Akar Tradisi Hadrah di SMK Ma'arif NU 1 Wangon:
Sejarah hadrah di SMK Ma'arif NU 1 Wangon dapat ditelusuri hingga akar keislaman yang menjadi pondasi lembaga ini. Tradisi ini bukan hanya sarana ekspresi seni, tetapi juga bentuk pengenalan dan penghayatan terhadap nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan di lingkungan pendidikan.
2. Warisan Kesenian Lokal:
Hadrah tidak sekadar musik, tetapi juga seni pertunjukan yang melibatkan tarian, nyanyian, dan penggunaan alat musik khas. Alat musik tradisional seperti rebana, marawis, dan gambus menjadi bagian integral dari warisan kesenian lokal yang diwariskan dari generasi ke generasi di SMK Ma'arif NU 1 Wangon.
3. Peran Hadrah dalam Kegiatan Keagamaan:
Hadrah di SMK Ma'arif NU 1 Wangon tidak hanya bersifat seni pertunjukan semata, melainkan juga memiliki peran penting dalam kegiatan keagamaan. Alunan hadrah sering menghiasi acara-acara keagamaan, memberikan nuansa sakral dan meningkatkan kekhusukan dalam beribadah.
4. Pendidikan Karakter dan Kebersamaan:
Melibatkan siswa dalam seni hadrah di SMK Ma'arif NU 1 Wangon menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan karakter. Proses latihan, koordinasi dalam permainan alat musik, dan penyampaian pesan melalui lirik lagu hadrah membangun kebersamaan dan solidaritas di antara siswa.
5. Pelestarian Budaya dan Identitas Sekolah:
Alat musik hadrah di SMK Ma'arif NU 1 Wangon bukan hanya merupakan ekspresi seni, tetapi juga bentuk pelestarian budaya dan identitas sekolah. Keterlibatan siswa dalam belajar dan memainkan alat musik tradisional menciptakan kesinambungan dalam budaya lembaga ini.
Sejarah alat musik hadrah di SMK Ma'arif NU 1 Wangon adalah sebuah perjalanan panjang yang menandai keberlanjutan tradisi dan keberagaman budaya.
Dalam alunan hadrah, terdapat kekayaan warisan lokal yang dihidupkan kembali oleh para siswa, memberikan makna mendalam tidak hanya dalam seni, tetapi juga dalam pendidikan karakter dan kebersamaan di lingkungan sekolah.
Dengan begitu, hadrah bukan hanya sebagai aktivitas seni, tetapi juga sebagai penanda identitas dan keberlanjutan nilai-nilai kultural di SMK Ma'arif NU 1 Wangon.