Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

 

Mengapa Menjadi Pelajar yang Berprestasi itu Penting dan Apa Sebabnya? Simak Penjelasannya

Penulis - Agus Triono
Rabu, 27 September 2023
Last Updated 2023-09-27T00:23:06Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Drs, Mukhtarom Kepala SMK Ma'arif NU 1 Wangon saat Menyerahkan Piala atas Prestasi Juara II Devile Tingkat Kecamatan pada Momen 17 Agustus 2023. (Foto: Agus Triono) 
SMKMANUSAWA - Prestasi merupakan kebanggaan baik untuk diri sendiri juga merupakan hadiah untuk orang – orang yang kita cintai. diambil dari Bahasa Belanda prestasi memiliki arti hasil usaha yang diperoleh oleh seseorang. SMK Ma'arif NU 1 Wangon adalah sekolah Islam yang memiliki begitu banyak peserta didik yang berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun prestasi di bidang non akademik. Untuk meraih prestasi di kedua bidang tersebut, tentunya usaha yang dilakukan harus lebih ekstra. Mengapa menjadi sukses dan berprestasi di usia muda begitu penting untuk diraih?

Dengan menjadi sukses dan berprestasi di usia muda, peluang untuk memiliki masa depan yang cerah menjadi lebih besar. Ini disebabkan karena kemampuan untuk mengasah kelebihan lebih tinggi sehingga menimbulkan daya kreativitas yang tinggi. Orang yang kreatif berpotensi menciptakan lapangan kerja sendiri atau mendapatkan lapangan kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Menjadi sukses dan berprestasi di usia muda juga dapat membuat keluarga bangga, khususnya kedua orangtua. Tak hanya kedua orang tua yang bangga dengan kesuksesan dan prestasi kita, sekolah juga tentu akan bangga dengan hasil yang kita raih. Jika ada perlombaan antar sekolah, semua siswa – siswi alangkah baiknya untuk dapat ikut serta berperan aktif dan mengasah kemampuan dengan mengikuti berbagai perlombaan baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten / Kota, Provinsi, nasional, bahkan Internasional. 

Peserta Lomba Devile yang Meraih Juara II Tingkat Kecamatan Wangon pada HUT RI Ke-78. (Foto: Agus Triono)
Sobat Manusawa, menang atau kalah bukan tujuan utama, namun mengikuti proses dan mengerahkan kemampuan terbaik diperlukan jam terbang yang tinggi. Menuntut ilmu merupakan kewajiban dalam agama Islam, dan menjadi pribadi yang unggul, semangat, dan berprestasi lebih diutamakan. Namun meluruskan niat dalam meraih prestasi juga tidak kalah penting dari prestasi itu sendiri, tetap rendah hati dan semangat untuk berprestasi .


Berikut ini kegiatan yang dapat mempermudah seseorang dalam meraih prestasi :


1. Rajin Belajar

Rajin pangkal pandai, bukan menjadi isapan jempol belaka, namun memang memang tak dapat dipungkiri jika tidak semua anak itu mudah menyerap apa yang kita beri tahu atau yang diajarkan, namun kegiatan belajar ini sangat penting sekali untuk dilakukan anak. Oleh karena itu kita sebagai orang tua berperan penting dalam proses belajarnya. Ajarkan dan dekatkan anak untuk mengenal Tuhan-Nya, serta mencintai agama islam, agar kelak dalam proses pembelajarannya anak dapat berpegang pada ajaran – ajaran kebaikan yang yang senantiasa mencerahkan harinya, anak akan belajar menghargai setiap proses dalam kehidupannya, dalam meraih prestasi, dan meluaskan manfaat dirinya kelak. Bimbingan dan pengawasan Orang Tua menjadi sangat penting perannya dalam proses belajar, kegiatan belajar sangat berpengaruh untuk prestasi anak.


2. Berolahraga

Olahraga terbukti sangat baik untuk Kesehatan yang mendukung proses belajar anak meraih prestasi. Berolahraga selain membuat tubuh lebih segar dan sehat juga mampu meningkatkan kecerdasan. Jika anak sudah mau melakukan kegiatan olahraga itu tandanya anak siap-siap menjadi berprestasi karena kegiatan olahraga yang anak lakukan akan membantu BDNF (Brain Derived Neurotropic Factor) dalam otak untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak sehingga membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal. Anak senang olahraga renang, lari, sepak bola, dan lainnya. bisa saja anak Anda dapat meraih prestasi lewat perlombaan olahraga yang disukai dan digelutinya.


3. Aktif di kegiatan sekolah

aktif dalam kegiatan sekolah seperti menjadi ketua kelas, aktif untuk mengikuti perlombaan menari atau menyanyi, mau menjadi ketua kelompok dalam belajar atau kegiatan sekolah. Dukung terus anak agar tetap bisa aktif di sekolah karena dengan anak mampu aktif di sekolah itu membuatnya jadi lebih mudah untuk bersosialisasi, memahami serta menggali potensinya, menumbuhkan rasa percaya dirinya yang itu nantinya membuat mereka menjadi berprestasi di sekolah.

Setiap keberhasilan dan prestasi itu memiliki pola, maka ikuti pola teman – teman yang semangat untuk meraih prestasi. Selamat mengukir prestasi Sobat Manusawa.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

RANDOM / BY LABEL (Style 1)