Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

 

Kenapa Sih Pramuka Wajib Ada di Sekolah dan Wajib juga Diikuti? Cek Jawabanya di Sini

Penulis - Agus Triono
Selasa, 26 September 2023
Last Updated 2023-09-26T00:29:10Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Pengurus Dewan Ambalan Pramuka SMK Ma'arif NU 1 Wangon. (Dari Kiri Yolanka, Bunga dan Dayfa). Foto: Agus Triono 
SMKMANUSAWA - Praja Muda Karana atau disingkat sebagai Pramuka menjadi kegiatan wajib di sekolah mulai dari SD/MI hingga SMA/SMK/MA.


Pada era pemerintahan Presiden SBY lalu Muhammad Nuh selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan setidaknya terdapat dua alasan mengapa Pramuka diwajibkan.


Kedua alasan yang dikemukakan oleh Mendikbud tersebut, yaitu : Dasar legalitas kegiatan Pramuka jelas yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 mengenai Gerakan Pramuka.

Pramuka adalah kegiatan yang mampu mengajarkan berbagai nilai kepada siswa yaitu kebersamaan, kepemimpinan, kecintaan alam, sosial, kemandirian hingga kemampuan organisasi.


Baca Juga :  Putus Rantai Bullying, Sekolah di Buleleng Lakukan Deklarasi Stop Bullying

Manfaat Kegiatan Pramuka bagi Siswa


Pramuka merupakan kegiatan yang mempunyai banyak manfaat bagi para siswa mulai dari SD hingga SMA. Tentu saja hal tersebut sesuai dengan tujuan mengapa Pramuka menjadi kegiatan wajib di sekolah. Sesuai dengan motto gerakan Pramuka, yaitu Satyaku Kudarmakan dan Darmaku Kubaktikan. Inilah beberapa manfaat kegiatan Pramuka di sekolah bagi siswa:


1. Melatih Kedisiplinan


Disiplin menjadi salah satu kunci kesuksesan masa depan. Tanpa adanya rasa disiplin maka siswa akan sulit meriah apa yang menjadi cita-cita dan impiannya.


Alasan Pramuka ada di sekolah diantaranya adalah supaya siswa dapat melatih diri menjadi lebih disiplin sedini mungkin. Sehingga suatu saat disiplin dapat menjadi bagian dari karakter dan kebiasaan yang akan membawa pada kesuksesan.


Baca Juga :  Klungkung Raih 4 Penghargaan pada BKN Award 2023

2. Menumbuhkan Kebersamaan dan Gotong Royong


Semangat kebersamaan dan gotong royong menjadi identitas bangsa Indonesia sejak nenek moyang kita. Melalui kegiatan Pramuka diharapkan para siswa mampu menumbuhkan semangat tersebut pada diri masing-masing.


Contoh semangat kebersamaan dan gotong royong misalnya saat ada kegiatan berkemah maka setiap kelompok harus bekerja sama mendirikan tenda, membuat api unggun, memasak makanan dan sebagainya.


3. Melatih Kemandirian


Pramuka membantu siswa untuk melatih kemandirian supaya tidak menjadi orang yang malas dan manja. Kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam Pramuka seringkali mengharuskan siswa untuk mandiri dan melakukan sesuatu tanpa bergantung pada bantuan orang lain.


Contohnya ketika berkemah setiap siswa harus menyiapkan keperluannya sendiri seperti memakai baju, menyiapkan tempat untuk tidur dan sebagainya.


4. Mengembangkan Karakter Positif


Seperti yang dikatakan oleh

Mendikbud Mohammad Nuh yang lalu bahwa banyak nilai positif bisa didapatkan siswa dengan ikut Pramuka. Nilai-nilai positif tersebut akan membentuk karakter yang kuat pada diri siswa.


Baca Juga :  Usai Divonis Tipiring, Bule Rusia Pelaku Dorong Polisi Dideportasi Imigrasi

Karakter yang positif seperti suka menolong, disiplin, mandiri, pekerja keras dan lain-lain menjadi bekal penting untuk meraih kesuksesan.


5. Melatih Kemampuan Komunikasi


Cukup banyak orang yang memiliki kepandaian intelektual namun tidak sukses. Salah satu penyebabnya adalah kurang mampu berkomunikasi dengan baik pada orang lain. Nah, melalui kegiatan Pramuka siswa akan belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain yaitu teman-teman di kelompoknya.


Itulah beberapa hal penting yang menjadi alasan Pramuka ada di sekolah dan wajib dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. SMA Dwiwarna (Boarding School) sebagai sekolah unggulan di Jabodetabek juga melaksanakan kegiatan Pramuka untuk semua siswa-siswanya.


Diharapkan dengan adanya kegiatan Pramuka tersebut semua siswa bisa melatih diri menjadi generasi unggulan berkarakter kuat serta berbakti kepada tanah air.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

RANDOM / BY LABEL (Style 1)

close
close