Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

 

Ziarah Wali Sanga (Wisata Religi)

Admin3
Rabu, 15 April 2020
Last Updated 2020-04-15T07:14:22Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
A.  Gambaran Singkat Wali Sanga
Penyebaran Islam di tanah jawa ini tidak lepas dari peran wali sanga. Mereka menyebarkan islam dengan berbagai cara, seperti lewat kebudayaan maupun pendidikan. Secara harfiah "wali"  diartikan wakil,  sedangkan "songo" dalam bahasa jawa artinya sembilan.  
Berikut yang merupakan wali sanga
1. Sunan gresik
Sunan gresik nama aslinya Maulana Malik Ibrahim menyebarkan Islam di wilayah gresik, jawa timur.  Beliau berdakwah dengan cara pergaulan dimasyarakat.  Budi pekerti dan ramah tamah selalu diperlihatkan saat pergaulan dengan masyarakat. Sunan gresik mendirikan pondok pesantren dan masjid sebagai tempat untuk mengajarkan agama Islam,  banyak sumber mengatakan bahwa sunan gresik berasal dari timur tengah yakni persia.  Banyak yang menganggap juga bahwa beliau adalah wali yang menyebarkan agama Islam pertama di tanah jawa.  
2. Sunan Ampel
Raden rahmat atau dikenal dengan sunan ampel menyebarkan Islam melalui pendidikan pesantren di wilayah surabaya,  sunan ampel juga sebagai perencana berdirinya kerajaan Islam Demak.  
3. Sunan Giri
Sunan giri atau juga dikenal dengan sebutan raden paku,  jangkauan penyebaran Islam nya tidak hanya di tanah jawa bahkan beliau menyebarkan Islam sampai Maluku.  Penyebaran Islamnya melalui denia seni, bahkan sampai berpengaruh terhadap pemerintahan kerajaan Demak masa itu (Kerajaan Islam pertama di jawa). 
4. Sunan Bonang
Raden Makdum Ibrahim atau dikenal dengan sebutan Sunan bonang menyebarkan Islam melalui kesenian,  salah satu tembang yang diciptakan dan sangat populer hingga saat ini adalah "tombo ati". Gamelan jawa yang merupakan budaya hindu diubah dengan nuansa Islam,  dimana dengan memasukkan rabab dan bonang sebagai pelengkap dari gamelan jawa.  
5. Sunan Drajat
Sunan Drajat menggunakan kegiatan sosial sebagai media untuk berdakwah.  Beliau yang memplopori penyantunan kepada anak-anak yatim dan orang-orang yang sakit.  Dibidang politik Sunan Drajat sangat mendukung kerajaan Demak. 
6. Sunan Kalijaga
Raden Mas Sahid atau dikenal Sunan Kalijaga dalam berdakwah memanfaatkan media wayang, dimana sunan kalijaga memasukkan cerita-cerita tentang ajaran islam.  Tidak hanya lewat wayang tapi juga melalui seni ukir dan seni suara. Beberapa lagu yang diciptakan sunan kalijaga dan populer hingga saat ini adalah gundul-gundul pacul,  dan lir ilir.  Cara itu dipakai untuk menarik hati masyarakat dan terkesan efektif. 
7. Sunan Muria 
Raden Umar Said atau dikenal Sunan Muria ikut serta dalam berdirinya kerajaan Islam Demak,  Ia banyak menyebarkan ajaran Islam diwilayah jawa tengah.  Sarana yang dipakai untuk berdakwah melalui kebudayaan dan kesenian.  
8. Sunan Gunung Jati
Syarif Hidayatullah atau dikenal Sunan Gunung Jati berasal dari palestina,  Ia belajar agama dari berbagai negara sejak usia belia.  Sunan gunung jati merupakan satu-satunya wali yang menjadi kepala pemerintah, ia mendirikan kasultanan Cirebon dan Banten. Posisinya tersebut dimanfaatkan untuk menyebarkan dan mengembangkan agama Islam. Cara berdakwah yang dipakai cenderung seperti timur tengah yang lugas dan mendekati masyarakat dengan membangun infrastruktur.  
9. Sunan Kudus 
Syekh Jakfar Shodiq atau dikenal Sunan Kudus cara menyebarkan agama dengan mendekati masyarakat memanfaatkan simbol-simbol Hindu-Budha.  Hal tersebut dapat kita lihat dari bentuk bangunan (arsitektur)  masjid menara Kudus yang mempunyai keunikan. Beliau berasal dari palestina,  dan menyebarkan agama Islam dipesisir jawa tengah.  Pernah juga menjadi senopati atau panglima perang Kerajaan Demak.  

B.  Dasar Kegiatan
Dasar kegiatan Ziarah Wali Sanga ini adalah:
1. Program kerja SMK Maarif NU 1 Wangon Tahun Pelajaran 2020-2021
2. Rapat dewan guru tentang pembentukan panitia kegiatan ziarah wali sanga pada tanggal 20 Februari 2020

C.  Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ziarah wali sanga ini adalah:
1. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT
2. Mengenalkan siswa/i situs peninggalan penyebaran agama Islam di Nusantara terutama di pulau jawa. 
3. Pengembangan materi mata diklat yang terkait di SMK Manusawa

D.  Moto Kegiatan

Moto kegiatan ziarah wali sanga ini adalah :
"Dengan kegiatan ziarah wali sanga kita tingkatkan amaliah ibadah ala ahlussunnah waljamaah annadhiyah serta tingkatkan keimanan kepada Allah SWT".
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

RANDOM / BY LABEL (Style 1)